Home » , , » Menghapus file / folder secara permanen

Menghapus file / folder secara permanen

Written By Suh arjono on Wednesday, March 16, 2011 | 10:35 AM

Hapus File/Folder Secara Permanen. Secara default, Windows akan menampung pada folder khusus yang diberi nama Recycle Bin atas file/folder yang telah kita hapus atau delet dari drive. Semakin sering melakukan penghapusan akan membuat harddisk semakin penuh. Agar hal itu tidak terjadi, kita harus melakukan "pengosongan recycle bin" secara rutin. Jika menginginkan, Anda dapat membuat penghapusan file atau folder tanpa ditampung melalui recycle bin terlebih dahulu namun langsung terhapus secara permanent. Dengan demikian, tidak akan menjadikan recycle bin menjadi gemuk yang dapat mengurangi kapasitas harddisk. Ikuti tipsnya bersama tips dan trik computer berikut ini.


Kelebihan tips ini adalah sesering apa pun kita melakukan penghapusan file/folder tidak akan mengurangi kapasitas harddisk karena langsung terhapus secara permanent dari harddisk.

Sedangkan kekurangan tips ini adalah jika suatu ketika secara tidak sengaja kita menghapus suatu file / folder penting maka kita akan mengalami kesulitan untuk mengembalikannya.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan tips ini, perlu kiranya dipertimbangkan antara manfaat yang diperoleh dibandingkan dengan resiko kekurangannya.

Tips Hapus File / Folder Secara Permanen ini menggunakan fasilitas Windows group policy editor.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Klik Start >> Run >> kemudian ketikkan gpedit.msc kemudian tekan OK atau ENTER hingga muncul jendela group policy editor.

Klik User Configuration >> Windows Components >> Windows Explorer >> tampilannya seperti di bawah ini.
Kemudian pada kolom sebelam kanan, klik double pada Do not move deleted files to the Recycle Bin hingga muncul jendela Do not move deleted files to the Recycle Bin Properties, seperti di bawah ini.
Kemudian pilih opsi Enabled kemudian lanjutkan OK atau Apply.

Kemudian tutup jendela group policy editor.

Selesai

Kemudian sekarang coba untuk mendelet sebuah file / folder kemudian coba buka folder recycle bin. Apa yang terjadi adalah folder recycle bin masih tetap kosong.

Sumber: http://onoid.blogspot.com/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SEPUTAR ilmu KOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger