Home » , , » Tips Memodifikasi Windows XP

Tips Memodifikasi Windows XP

Written By Suh arjono on Saturday, April 23, 2011 | 4:48 PM

Pada posting ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk memodifikasi windows xp kamu. setelah menginstal Windows XP, biasanya kita langsung menginstall aplikasi-aplikasi dan langsung menggunakannya., tapi ga ada salahnya donk kalau kita setting beberapa komponen Windows agar kerja PC menjadi maksimal dan sesuai dengan kebutuhan kita sehingga
kita menjadi lebih nyaman meggunakannya. trik ini aman kok, resikonya sangat kecil, kalau ada kesalahan tinggal kembaliin aja settingannya. disamping itu, kan jadi tambah pengalaman n biar ga keliatan gaptek, hehe:P nah, langsung aja dah...saya akan memberi beberapa tips. Mungkin tips ini sudah banyak yang tau. Jadi bagi yang sudah tau jangan baca yaaa,..hehe

1.Back-up dulu registry sebelum diedit. Caranya, klik Start > Run, ketik regedit, lalu tekan enter. Nah setelah itu akan muncul window registry, lalu pilih menu File > Export. check 'All' pada bagian Export range, tentukan direktori dimana kamu akan menyimpan, lalu kasih nama file, terserah mau ngasih nama apa dah, lalu di save.

2.Buat Restore Point. Ini bisa langsung dilakukan setelah Windows diinstal, atau setelah semua program diinstal terserah. Tapi lebih baik langsung setelah Windows diinstal karena untuk berjaga-jaga kalau nanti terjadi masalah saat menginstal atau menyetting komponen-komponen windows. Kalau saya sih mendingan dua-duanya, hehe caranya gini, Klik Start > All Programs > Accessories > System Tool > System Restore dan klik Create a restore point, kasih deskripsi sesuka kamu.

3.Matikan Autorun. Ada baiknya kalau kita tidak menggunakan fitur autorun pada Windows karena kebanyakan virus (terutama virus buatan Indonesia) memanfaatkan fasilitas ini sebagai jalan masuk ke computer kamu. Cara mematikannya bisa anda lihat pada postingan saya Tips mencegah penularan Virus dengan cara mematikan AutoRun

4.Jangan terlalu banyak menampilkan icon pada desktop. Ini akan memperlambat computer kamu saat pertama kali di hidupkan. Sebagai alternatifnya, buat saja shortcut pada start menu. Caranya, klik kanan pada icon aplikasi yang kamu inginkan, lalu pilih ‘Pin to Start Menu’.

5.Tampilkan ekstensi pada file. Ini untuk mencegah agar kamu tidak terkecoh oleh virus. Karena banyak virus yang menyebarkan dirinya dengan cara menghidden dan memalsukan file/folder asli. Untuk menampilkan ekstensi file, klik tools (pada toolbar) > folder options . . . > pada tab ‘view’, uncheck pada pilihan ‘Hide extensions for known file types’ > apply > Ok.


Catatan: kalau mau me-rename file, kamu harus menyertakan extensinya juga
6. Nonaktifkan Indexing Service untuk memperoleh performance tambahan. Caranya, buka ‘Administrative Tools’ di Control Panel, pilih Services dan disable Indexing Service.

7.Kamu bisa mengubah gambar/icon pada folder agar terlihat lebih menarik, unik, atau komunikatif. Caranya, klik kanan pada folder yang kamu inginkan, lalu klik properties. Pada tab Customize, pilih ‘Change Icon. . .’ lalu pilih ikon sesuka kamu, atau jika kamu punya ikon sendiri, bisa pilih lewat ‘Browse . . .’

8.Kosongkan recycle bin. File yang kamu hapus secara normal tidak langsung terhapus, tetapi akan ditampung di recycle bin dulu. Jadi space pada hardisk kamu tidak akan bertambah sebelum kamu menghapuskannya secara tuntas. Atau kamu juga bisa menghapus file kamu secara permanen dengan menekan tombol ‘shift+delete’.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SEPUTAR ilmu KOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger